Dec 1, 2011

Blogger Indonesia di Tuntut 2 Milyar

Seorang blogger Indonesia saat ini sedang menghadapi tuntutan hukum karena kreasi theme / template blog mirip Facebook buatannya yang sangat mirip tampilan Facebook. Tak tanggung-tanggung, tuntutan yang langsung datang dari pihak Facebook si raksasa jejaring sosial itu kabarnya menuntut sampai dua milyar ruoiah.
Tampilan template atau theme yang diberinama “Smells Like Facebook” yang tersedia untuk platform blog WordPress ini memang terlihat sangat mirip dengan tampilan Facebook, walau pun mungkin sudah tidak terlalu mirip lagi dengan tampilan Facebook terkini.
Theme / template Smells Like Facebook screenshot
Awalnya, seperti disampaikan di halaman situsnya (http://smells-like-facebook.nazieb.com/), theme ini tersedia di direktory resmi theme WordPress, namun sudah disuspend sejak lama, dan pembuatnya sendiri, Ainun Nazieb sudah menghentikan proyek pengembangan template blog ini. Namun sepertinya theme ini tetap cukup banyak digunakan oleh orang-orang (blogger), sampai akhirnya mungkin pihak Facebook merasa terganggu. Mungkin, selain karena masalah hak cipta desain/tampilan, Facebook menuntut pembuat theme ini karena memang tampilannya yang sangat mirip dengan situs asli Facebook, bisa saja digunakan orang untuk hal negatif karena bisa mengecoh pengguna Facebook.
Memang cukup seru bila bisa membuat tampilan blog atau situs jadi mirip tampilan situs-situs besar seperti Facebook (atau ada juga template mirip Google Plus). Tapi bagaimanapum template yang unik tetap lebih asik. Betul atau benul?
Untuk pembuat theme yang sedang bermasalah ini, semoga masalahnya cepat selesai

AKTUAL NEWS ONLINE

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Komen yang bijak sangat di nantikan...! Terimakasih..